ALUR PELAYARAN
Kedalaman Alur
Kedalaman air total ditentukan oleh berbagai faktor:
1. Sarat kapal
2. Gerak vertikal kapal karena gelombang dan pertambahan sarat kapal terhadap muka air yang disebabkan oleh kecepatan kapal
3. Ruang kebebasan bersih
4. Ketelitian pengukuran
5. Pengendapan sedimen antara dua pengerukan
6. Toleransi pengerukan
Gerak Kapal karena Pengaruh Gelombang:
1. Heaving (angkatan)
2. Pitching (anggukan)
3. Rolling (oleng)
4. Swaying (goyangan)
5. Surging (sentakan)
6. Yawing (oleng ke samping)
Lebar Alur
Lebar alur tergantung pada beberapa faktor, yaitu:
1. Lebar, kecepatan dan gerakan kapal
2. Traffik kapal, alur direncanakan untuk satu atau dua jalur
3. Kedalaman alur
4. Alur sempit atau lebar
5. Stabilitas tebing alur
6. Angin, gelombang dan arus melintang dalam alur
Pada alur untuk satu jalaur (tidak ada simpangan), lebar alur adalah tiga sampai empat kali lebar kapal.
Jika kapal boleh bersimpangan, lebar alur adalah enam sampai tujuh kali lebar kapal.
Layout Alur Pelayaran
Faktor-faktor yang berpengaruh pada pemilihan trase alur pelayaran:
1. Kondisi tanah dasar laut
2. Kondisi pelayaran (angin, arus dan gelombang)
3. Peralatan bantu (lampu-lampu dan radar)
4. Pertimbangan ekonomis
Ketentuan yang perlu diperhatikan dalam merencanakan trase alur pelayaran:
1. Sedapat mungkin trase alur harus mengikuti garis lurus
2. Satu garis lengkung akan lebih baik daripada sederetan belokan kecil dengan interval pendek
3. Garis lurus yang menghubungkan dua kurva lengkung harus mempunyai panjang minimum 10 kali panjang kapal terbesar
4. Sedapat mungkin alur tersebut harus mengikuti arah arus dominan, untuk memperkecil alur melintang
5. Jika mungkin, pada waktu kapal terbesar masuk pada air pasang, arus berlawanan dengan arah kapal yang datang
6. Gerakan kapal akan sulit apabila dipengaruhi oleh arus atau angin melintang
7. Pada setiap alur terdapat yang disebut titik tidak boleh kembali di mana kapal tidak boleh berhenti atau berputar dan mulai dari titik tersebut kapal-kapal diharuskan melanjutkan sampai ke pelabuhan
Kolam Pelabuhan
Ketenangan di pelabuhan
Kolam pelabuhan harus cukup tenang, baik dalam kondisi biasa maupun badai
Selasa, 03 Mei 2011
ALUR PELAYARAN (BAG_4)
Selasa, Mei 03, 2011
Engineering Site
No comments
0 komentar:
Posting Komentar