Follow by Email

Sabtu, 06 April 2013

CARA MENENTUKAN TITIK PENGEBORAN PALING AKURAT



SUMUR BOR DALAM / ARTESIS
Sumur Bor dalam (DEEP WELL DRILLING) memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan penggunaan Filter Air untuk memproses air baku yang tidak memenuhi syarat air bersih menjadi air bersih.
Penggunaan Filter air memerlukan perawatan dan pemeliharaan yang cukup merepotkan serta membutuhkan biaya perawatan yang cukup tinggi.
Dengan menggunakan SUMUR BOR DALAM (DEEP WELL DRILLING) masalah tersebut bisa diatasi karena kecenderungan kondisi tanah yang memiliki kandungan air yang jelek / tidak memenuhi syarat air bersih tersebut biasanya berkisar di kedalaman 12 m s/d 40 meter.
Khusus untuk dilokasi yang memiliki kadar Garam yang tinggi, semisal di daerah pesisir pantai , kedalaman pengeboran bisa mencapai diatas 100 meter untuk memperoleh air bersih. hanya saja kualitas dari air di kedalam ini memiliki kontur warna tersendiri dan juga suhu diatas suhu air biasa .
Akan tetapi kualitas air ini layak untuk digunakan sebagai air bersih untuk mandi, cuci dan kegiatan komersial lainnya.
SUMUR BOR DALAM / ARTESIS MENGATASI AIR KUNING, BAU / ZAT BESI YANG TINGGI
Di sebagian besar wilayah Indonesia, banyak dikeluhkan kondisi air yang kuning, Bau besi atau bau karat serta mengandung Zat besi ( Fe ) yang diambang batas yang diperbolehkan oleh PDAM/PAM.
Hal ini dikeluhkan karena sifatnya yang merusak jika digunakan, Kondisi ini banyak merugikan pengguna air, Biasanya dengan melakukan pengeboran yang dalam Kondisi air ini dapat diatasi,
hanya saja di beberapa daerah kondisi pengeboran yang dikarenakan lokasi di kedalaman tertentu memiliki kontur tanah berbatu sehingga untuk beberapa perusahaan pengeboran local (Tukang Pantek sumur) tidak dapat diatasi karena keterbatasan alat-alat pengeboran.
SUMUR BOR DALAM / ARTESIS UNTUK MENGATASI AIR ASIN / BERGARAM
Di beberapa daerah di pesisir pantai kebutuhan air tanah atau air tawar juga sangat tinggi , dikarenakan air tanah yang tawar ini merupakan kebutuhan vital bagi sumber kehidupan penduduk di sekitarnya.
Hanya saja kegiatan explorasi untuk memperoleh air tawar dan bersih di lokasi pesisir pantai dirasa cukup sulit hal ini dikarenakan pengeboran yang relative sangat dalam bahkan bisa mencapai 200 meter lebih.
Dengan pembuatan sumur bor air dalam/artesis kesulitan untuk memperoleh air bersih ini dapat dilakukan dengan baik, dan banyak hotel, resort yang dipinggir pantai memanfaatkan sumber air ini untuk aktifitas komersial mereka.
PENENTUAN TITIK PENGEBORAN  :
Dengan menggunakan Geolistrik
Salah satu tekhnik untuk menentukan titik pengeboran dengan lokasi yang memiliki cekung air/sumber air yang banyak (AKUIFER) adalah dengan metoda GEOLISTRIK.
Metoda ini memerlukan lahan untuk dilakukan survey yang cukup luas untuk mencari cekungan air (AKUIFER) di dalam tanah. Dengan menggunakan tekhnik RESISTIVITY maka dapat ditentukan tahanan yang disesuaikan dengan kontur tanah/jenis batuan yang merupakan sumber air. Sehingga dapat ditentukan kedalaman yang ideal untuk mencapai air yang cukup banyak dan kualiatas yang baik. Dikarenakan Peralatan GEOLISTRIK ini cukup mahal, maka setiap pengeboran melakukan survey terlebih dahulu.
Kegiatan survey GEOLISTRIK ini bisa memperoleh informasi keadaan tanah hingga 150 meter.

Dengan menggunakan Geo Electromagnetic Satellite Scan  
Penentuan titik pengeboran dengan metoda GEO ELECTROMAGNETIC SATELLITE SCAN (BELAH BUMI) lebih akurat dibandingkan dengan menggunakan peralatan Geolistrik.
Karena Geo Electromagnetic Satellite Scan mampu melacak :
  1. Lebar Sungai Bawah Tanah
  2. Arah Aliran Sungai Bawah Tanah
  3. Membaca hingga kedalaman 400 mtr dibawah tanah
  4. Mengetahui Struktur Tanah secara detail
  5. Mengetahui frekwensi Aliran Air tanah
  6. Mengetahui kedalaman Jalur Sungai Bawah Tanah
  7. Mengetahui Conductivity Struktur Tanah
Akurasi ketepatan geolistrik hanya 50% sedangkan Geo Electromagnetic Satellite Scan 90% Seringkali Clay basah dibaca air oleh peralatan Geolistrik. Geo Electromagnetic Satellite Scan hanya membaca air yang mengalir di dalam tanah sehingga untuk pengeboran jaran sekali mengalami air kering setelah proses pengeboran selesai.

Berikut adalah contoh hasil Scan Geo Electromagnetic Satellite Scan :

Sistem Proteksi Pompa
Agar pompa dapat beroperasi dengan baik, terdapat prosedur proteksi standar yang diterapkan pada pompa sentrifugal.
Beberapa standar minimum paling tidak terdiri dari:
1. Proteksi terhadap aliran balik.
Aliran keluaran pompa dilengkapi dengan check valve yang membuat aliran hanya bisa berjalan satu arah,
searah dengan arah aliran keluaran pompa.
2. Proteksi terhadap overload.
Beberapa alat seperti pressure switch low, flow switch high, dan overload relay pada motor pompa dipasang
pada sistem pompa untuk menghindari overload.
3. Proteksi terhadap vibrasi.
Vibrasi yang berlebihan akan menggangu kinerja dan berkemungkinan merusak pompa.
Beberapa alat yang ditambahkan untuk menghindari vibrasi berlebihan ialah vibration switch dan vibration monitor.
4. Proteksi terhadap minimum flow.
Peralatan seperti pressure switch high (PSH), flow switch low (FSL), dan return line yang dilengkapi dengan control valve
dipasang pada sistem pompa untuk melindungi pompa dari kerusakan akibat tidak terpenuhinya minimum flow.
5. Proteksi terhadap low NPSH available.
Apabila pompa tidak memiliki NPSHa yang cukup, aliran keluaran pompa tidak akan mengalir dan fluida terakumulasi dalam pompa.
Beberapa peralatan safety yang ditambahkan pada sistem pompa ialah level switch low (LSL) dan pressure switch low (PSL).
Beberapa istilah khusus yang sering berkaitan dengan pompa, ialah:
  1. TDH = Total Dynamic Head, yaitu besarnya head pompa. Merupakan selisih antara head discharge dengan head suction; terkadang disebut head atau total head.
  2. BEP = Best Efficiency Point, yaitu kondisi operasi dimana pompa bekerja paling optimum.
  3. NPSHr = Net Positive Suction Head required, yaitu nilai head absolut dari inlet pompa yang dibutuhkan agar tidak terjadi kavitasi.
  4. NPSHa = Net Positive Suction Head available, yaitu nilai head absolut y ang tersedia pada inlet pompa.
  5. Kavitasi, yaitu kondisi dimana terjadinya bubble (gelembung udara) di dalam pompa akibat kurangnya NPSHa (terjadi vaporisasi) dan pecah pada saat bersentuhan dengan impeller atau casing. Agar tidak terjadi kavitasi, maka NPSHa harus lebih besar dari NPSHr.
  6. Minimum flow, yaitu flow rate yang terkecil yang dibutuhkan agar pompa beroperasi dengan baik. Apabila laju alir lebih rendah dari minimum flow, pompa dapat mengalami kerusakan.
  7. Efficiency, yaitu besarnya perbandingan antara energi yang dipakai (input) dengan energi output pompa.
  8. BHP = brake horsepower, yaitu power (daya) yang dibutuhkan oleh pompa untuk bisa bekerja sesuai dengan kurvanya; memiliki satuan hp.
 Sumber : http://borartetis.blogspot.com

22 komentar:

Hari mengatakan...

mungkin dalam waktu dekat kami akan membutuhkan anda sebagai pelaksana pencarian sumber air yang dulu ada sekarang gak ada karena disumbat ijuk kelapa oleh pemerintahan hindia belanda waktu itu. dalam reses anggota DPR Propinsi menyambut baik dan bersedia memberikan bantuan dana untuk kesejahteraan masyarakat. kami domisili di daerah Pare Kabupaten Kediri Jawa Timur.

FAWWAZ BABY SHOP mengatakan...

Kami butuh jasa penentuan lokasi bor seperti ini
Berapa harga nya dan km menghubungi siapa

itank js mengatakan...

makasih infonya
http://ji-software.com

Teguh Eko Prabowo mengatakan...

Info nya sangat berharga. Di musim kemarau panjang seperti ini banyak sumber air yang kering

Mau sewa kursi roda, ya koersiroda
www.koersiroda.blogspot.com

WIB"WIB EXPERT mengatakan...

sepertinya ini sangat membantu.. kemana kontak...

WIB"WIB EXPERT mengatakan...

sepertinya ini sangat membantu.. kemana kontak...

Mega Ipperor mengatakan...

Ada yang jual?
Jika ada silahkan hubungi nomor
081375132698

JOKO HANDOYO SUKSES mengatakan...

Sip bos

Sudharwanto Eko mengatakan...

Apa nama product alat ini, dari negara mana dan berapa harganya?? Jika ready call +62 81347199789

dyan laksmana mengatakan...

Pak saya mau bertanya.....apakah bisa/bagus pembuatan sumur bor berjarak sekitar -+ 10 an meter dari anak sungai.......kebetulan anak sungai tsb.....tercemar dari kotoran" dari orang yg buang sampah sembarangan.....mohon penjelasannya pak......trims......

Tamrin mengatakan...

Cara menentukan adanya air di bawah tanah dgn menggunakan ponsel

donny mengatakan...

Saya sangat butuh alat ini oleh karna itu jasa deteksi nenggunakan alat ini brapa ya?saya sangat butuh skali...ini no saya 085344005818 saya di daerah kupang NUSA TENGGARA TIMUR

Ahmad Rifai mengatakan...

Pak saya mau tanya. klo di daerah say kadar garam nya tinggi kira kira klo mau mendapatkan air tawar perlu brapa meter,,?
Trimakasih

Geoelectromagnetic Indonesia mengatakan...

Jasa Pelacakan Jalur aliran sumber air bawah tanah silahkan hubungi :
081294804077
089660755777

lina herlina mengatakan...

HATI HATI dengan iklan ini.. 100% PALSU. DAN PENIPU. Gak percaya.. Silahkan di coba aja.. Alat GPS buat deteksi air.. Ini orang nama nya ARYA PRADANA PUTRA. dalam pencarian banyak orang. Mangkanya dia GAK PUNYA ALAMAT PASTI. Dan alamat nya gK perbah di cantumkan di iklan ini.
Coba kita lihat.. Iklan orang lain pasti lebgkap dengan alamat kantornya.. Sekali lagi HATI HATI.. CUKUP KAMI SAJA YG SUDAH KENAA TIPU

Geoelectromagnetic Indonesia mengatakan...

Kami harap untuk para rival bisnis agar bersaing dg sehat. Menyebarkan berita hoax saat ini sudah ada pasalnya.
Selama ini kami tidak pernah menggunakan GPS utk melakukan pelacakan jalur aliran sumber air bawah tanah, itu menandakan Anda yg dusta.
Rejeki Tuhan yang atur.
Kalau kami berani memberikan garansi untuk seluruh pekerjaan kami (garansi dapat air dan jg garansi seumur hidup) itu adalah hak kami.
Kalau rival bisnis berani memberikan garansi serupa ya silahkan saja.
Terima kasih.
Salam sukses

Geoelectromagnetic Indonesia mengatakan...

Selama melakukan pelacakan jalur aliran sumber air bawah tanah di seluruh Indonesia kami tidak pernah menggunakan GPS. Tapi menggunakan Geoelectromagnetic Scan.
Kami harap para rival bersaing dengan sehat tanpa menjelekkan pihak lain. Dan itu menandakan bahwa Anda sendiri yang tidak pernah tahu survey2 yang kami lakukan. Itu artinya Anda yg bohong besar.
Setiap pekerjaan Pengeboran yg kami lakukan dg memberikan garansi jaminan dapat air dan juga jaminan sumur seumur hidup itu adalah hak kami sebagai pelaku bisnis. Tidak perlu iri dengan kesuksesan dan keberhasilan kami.
Jadi kami harap jika Anda sebagai pelaku bisnis yg sama dan berani memberikan garansi serupa itu sah2 saja.
Salam sukses

Maimun latif mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Maimun latif mengatakan...

Ini no tlpn saya
0811728181
Ditunggu segera

T.Martinus mengatakan...

Klo biaya untuk survey lokasi air biaya gmn bang

Bor Mesin Amanah mengatakan...

SEMUA TIDAK BENAR !!!
Kami beberapa bulan lalu menggunakan jasa pelacakan geo elektromaknetik untuk menentukan titik pengeboran karena sudah beberapa kali kami gagal mendapatkan air tawar di daerah Lasem, Rembang, Jawa Tengah.
Pada saat datang tim survei langsung menunnjukkan KTP masing2 dan menyuruh kami untuk memfoto KTP tersebut. Mereka juga ramah2.
Kami perhatikan alat2 yang dipergunakan sama sekali tidak ada GPS. Setelah hasil kami dapat maka kami melakukan pengeboran dengan hasil yg sangatlah memuaskan, bahkan air keluar sendiri tanpa pompa padahal di daerah Lasem terkenal paling susah untuk mendapatkan air tawar apalagi bisa keluar sendiri seperti itu.
Jadi semua komentar yg menjelek-jelekkan geo elektromaknetik adalah TIDAK BENAR !
Justru kami salut dg akurasi dan hasilnya.
Terima kasih tim geo elektromaknetik, lain kali kalau ada pekerjaan pengeboran pasti kami undang lagi.
sukses terus dan jangan hiraukan saingan bisnis anda.

Zaenal Arifin mengatakan...

Bor mesin amanah.....kontaknya mana ya

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons