Minggu, 03 April 2011

TUJUAN PENELITIAN (tekpen BAG_3)

Tujuan penelitian

-Dunia luas, tak terbatas, perlu.
-Banyak masalah dlm kehidupan >> pemecahan.
-Jawaban ilmiah atau common sense?
-Dunia saintifik, common sense dihindari.
-Pernyataan hrs mengandung kebenaran: kebenaran ilmiah >> didukung fakta dan analisis yang sahih.
-Jawaban ilmiah >>> hasil penelitian.
-Penelitian juga utk menguraikan fenomena (deskriptif), menguji suatu dugaan/hipotetik (verifikatif) dan membuat prediksi.
-Penelitian >>> mencari jawaban terhadap suatu pertanyaan >>> memecahkan masalah.


Pendekatan saintifik (ilmiah)

-Sahih (valid), terpercaya >> dapat teruji (oleh siapapun: dengan metode sama >>> hasil sama).
-Pendekatan ilmiah: bentuk khusus yg sistematik tentang pemikiran reflektif
-Sistematik: merumuskan hipotesis, logika deduktif, melakukan observasi untuk menguji hipotesis, memperoleh jawaban apakah hipotesis benar atau salah >> memperoleh kebenaran.
-Memberi peluang pengembangan IP baru: menjelaskan fenomena dengan perspektif baru berdasarkan empirik.


Tipe penelitian

-Berdasarkan isi, secara grs besar: eksploratif, explanatory - confirmatory, deskriptif.
-Berdasarkan metode: eksperimen; evaluasi (riset aksi, terapan), grounded research, analisis data sekunder.
-Berdasar proses menjadi teori: deskriptif riset (eksplanatori riset, prediktif riset).


Riset eksploratif
-Bila sangat sedikit peneliti menulis tentang topik. >>> material yang terbarukan.

-Tujuan:
  •Familiar dg fakta dasar, komunitas, concerned involved.
  •Mengembangkan a well-grounded mental picture.
  •Mengembangkan ide dan teori tentatif.
  •Menentukan kelayakan riset lanjutan.
  •Merumuskan pertanyaan penelitian dan isu.
  •Mengembangkan teknik dan sense of direction untuk riset di masa yang akan datang.
  •Menjawab what questions

-Tahap penelitian not well defined.

-Menggunakan kualitatif data.

-Lebih terbuka dan utk mengungkapkan fakta dan isu.


Riset deskriptif
-Riset deskriptif (RD) menguraikan secara detail situasi, pengaturan sosial, hubungan.

-Tujuan:

  •Membuat profil akurat.
  •Menguraikan proses, mekanisme, hubungan.
  •Memberikan gambaran verbal/numerik.
  •Mencari informasi utk mendorong penjelasan baru.
  •Menyajikan info, ltr belakang dasar atau konteks.
  •Menciptakan ketegori, rangkaian langkah, tipe.
  •Menjelaskan urutan, rangkaian langkah-langkah.
  •Dokumen yg menjelaskan kontradiksi dgn prior belief.

-Deskriptif hampir sama dg eksploratif >> berbaur.

-Berfokus pada how and who questions.

-Menggunakan semua teknik pengumpulan data.


Riset eksplanatif
-Why questions.

-Dibangun di atas eksploratif & deskriptif riset.

-Menjelaskan lebih jauh alasan sesuatu terjadi.

-Tujuan:
  •Menentukan akurasi suatu prinsip teori.
  •Mencari penjelasan yang lebih baik.
  •Melanjutkan IP ttg underlying process.
  •Menghubungkan isu-isu berbeda dalam pernyataan umum.
  •Membangun & mengelaborasi teori shg menjadi lengkap.
  •Mengembangkan teori/prinsip baru ke isu baru.
  •Memberikan kenyataan utk mendukung penjelasan.


Riset dasar dan terapan

-Riset dasar: mengembangkan IP fundamental, mendukung/ menolak teori >>> IP baru.
-Riset terapan: memecahkan persoalan khusus dan nyata di masyarakat.

-Riset dasar: sering deskriptif, kekuatannya pd pemakaian praktis.
-Riset terapan: kurang publikasi, lebih pada pengambilan keputusan.

-Riset dasar: implikasi segera, sering kontroversial >>>  menimbulkan konflik, misinterpretasi.

-Riset dasar dan riset terapan berbeda dlm metodologi.

-Riset dasar: lebih saintifik, akurasi tinggi, sempurna.
-Riset terapan: get quick, usable results.


Riset terapan

-Action-research oriented:
  •Mempromosikan perubahan/tindakan.
  •Memecahkan masalah yg jelas.

-Participatory action research.

-Dalam organisasi formal.

-Peneliti + praktisi >>> mengubah organisasi/kebijaksanaan.

-Social impact assessment:
  •Bagian dari Amdal.
  •Bertujuan memperkirakan perubahan yg akan terjadi.

-Evaluation research.

-Did it works.

-Evaluasi: process of establishing value judgment based on evidence.

-Menggunakan beberapa teknik penelitian.


Dimensi waktu
-Cross-sectional: at one point in moment.

-Longitudinal: more than one time >> kompleks, mahal
  •Studi panel: grup sama, tetapi dalam berbagai waktu.
  •Time series: tidak perlu grup sama.
  •Cohort analysis: kohor: set of persons (group, org.).
  •Case studies: in-depth examination on people, organization, env. over time.


Berdasar pengumpulan data dan teknik
-Experiment >> data primer.

-Survei: >>> primer
  •Mengumpulkan data langsung.
  •Menanyakan pada masyarakat dan menggunakan kuisener.
  •Analisis data: teknik menguji informasi, isi terhadap bahan yg tertulis >>> sekunder.
  •Statistik yang telah ada: menggunakan hasil statistik (data sekunder).


Kualitatif riset
Lawan dari kuantitatif (angka).
Kualitatif = non angka, non numerik.
-Riset lapangan
  •Dimulai dgn tanpa ada formulasi ide/topik.
  •Peneliti memilih lokasi/site.
  •Berinteraksi dengan obyek.
  •Mencatat secara harian.

-Riset komparatif-historis: menguji dengan cara membandingka fakta sejarah.
Hampir selalu deskriptif (what).


Kuantitatif & kualitatif
-Kuantitatif
  •Positivism.
  •Tradisional model.
  •Dengan angka, numerik.
  •Penyederhanaan, asumsi.
  •Eksperimen, survei.

-Kualitatif
  •Post positivism, modern.
  •Non angka, non numerik.
  •Lebih verbal.
  •Majemuk, jamak, rumit.
  •Etnografi, grounded research, studi kasus, phenomenological studies.


Prosedur kuantitatif
Logika – hipotesis - verifikasi
-Merumuskan masalah penelitian: senjang antara das sein – das sollen.
-Menyusun kerangka teori.
-Berdasarkan teori dan penelitian yg lalu.
-Merumuskan hipotesis: variabel (+ indikator) dan hubungannya.
-Melakukan uji hipotesis thd data empirik.
-Menarik kesimpulan.


Proses penelitian
-Minat.
-Topik.
-Isu.
-Masalah - rumusan masalah.
-Hipotesis (deductive reasoning dari tinjauan pustaka) >>> kalau diperlukan.
-Metode.
-Pengumpulan data.
-Analisis.
-Hasil dan pembahasan (inductive reasoning).
-Kesimpulan - saran.


Topik - isu - masalah – hipotesis - metode - hasil dan pembahasan - kesimpulan - saran (policy implementation)
-Ada benang merah mulai dari isu sampai kesimpulan hasil penelitian dan saran (bila perlu): runtun, konsisten, taat asas >> satu tema sentral.
-Kesimpulan adalah jawaban pertanyaan.
-Topik: yang dipilih untuk ditampilkan, di-top-kan.
-Isu: sesuatu yang menjadi titik sentral, pokok persoalan >>> fenomena.
 Banyak isu, harus dipilih.
-Masalah: kesenjangan antara harapan/seharusnya, ideal (das sollen) dengan kenyataan, realita (das sein).
-Rumusan masalah

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons